screedbot

  • top1
  • top 2

 Dalam Rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun 2023,  Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan beberapa Perlombaan yang di awali dengan jalan santai bersama kegiatan ini dibuka oleh Bupati Indragiri Hulu dalam hal ini di wakili oleh staf ahli Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat (IBU EVI IRMA JUNITA,SKM,M,Kes)  di ruang terbuka Hijau Rengat.  dan di hadiri oleh seluruh Ketua Organisasasi Wanita. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu mengatakan hari kemerdekaan adalah saat yang membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme dalam diri kita asemua hari ini memperingati perjuangan gigih para pahlawan yang mengorbankan hidupnya demi cita cita luhur kemerdekaan dan kemakmuran bangsa, melalui kerja keras tekad yang kuat dan semangat tak kenal menyerah, mereka telah Mengukir sejarah gemilang yang tonggak penting bagi eksistensi negara ini. mari kita rayakan semangat kekebesan dan kemerdekaan adalah anugerah yang tak ternilai dari perjuangan para pahlawan dan pendahuluan kita hari ini kita berkumpul untuk merayakan momen bersejarah yang mengingatkan kita akan mengorbankan mereka dami kemerdekaan yang kita nikmati saat ini. WhatsApp Image 2023 08 21 at 11.09.34

WhatsApp Image 2023 08 21 at 11.09.35

 

WhatsApp Image 2023 08 21 at 09.31.19

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan Kegiatan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) PD-BKMT Kabupaten Indragiri Hulu, Kegiatan ini di hadiri oleh Sekretaris Daerah, Penasehat BKMT Kab. Inhu, Narasumber dari Provinsi Riau, Ketua PD-BKMT  Kab. Inhu, Bekerja Pengurus, Ketua PD-BKMT Kecamatan Beserta Pengurus, Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) PD-BKMT ini dilaksanakan selama 1 (satu) Hari Kamis Tanggal 20 Juli 2023 bertempat di Gedung Dang Purnama Rengat, Tujuan dari Kegiatan ini untuk meningkatkan kinerja Pengurus BKMT, dan Meingkatkan Ukhuwah Islamiyah serta menjalin Tali Silatuhrahmi. 

WhatsApp Image 2023 08 04 at 11.29.55

WhatsApp Image 2023 08 04 at 11.30.58

WhatsApp Image 2023 08 04 at 11.30.25

 

Dalam Perspektif Gender Laporan Data terpilah Menurut Jenis Kelamin dimaksud untuk menyajikan Data dan Informasi tentang Pengalaman Khusus dalam Kehidupan sehari hari sebagai data perempuan dan laki laki, Data terpilah berdasarkan jenis kelamin, pengarusutamaan gender merupakan Staregi Pembangunan pemberdayaan perempuan, Impelementasinya melalui prinsip kesetaraan dan keadilan gender harus menjadi dasar dalam setiap kebijakan secara terus menerus oleh pemerintah dalam upaya mencapai kehidupan yang lebih baik. 

Laporan Data Terpilah Gender di Kabupaten Indragiri Hulu (2017/2021) PUSDATIN - PUANDRI (Pusat Data dan Informasi Perempuan Riau) sebagai Berikut: 

 

Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tingkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 telah dilaksanakan pada tanggal 23 s/d 24 juni Tahun 2021 selama 2 (dua) hari pada hari Rabu dan Kamis bertempat di Aula Kantor Camat Pasir Penyu. Kegiatan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tingkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 yang di buka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu dan yang di wakili oleh DEDI EKARYA, S.E selaku Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Keluarga Data dan Informasi, dari 3 Narasumber yakni DR. Hj. LENA FARIDA,M.si dari Provinsi Riau. dan DUDI SUMBARI, SAB dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indragiri Hulu dan MERI ESNI ERISA SARAGI,S.P selaku Kasi Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Kualitas Keluarga Data dan Informasi. Tujuan dari kegiatan ini antara lain upaya percepatan pelembagaan Pengarusutamaan Gender di setiap Desa serta penerapan strategi pengintegrasian gender melalui perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan Desa. Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Tingkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 bertujuan untuk percepatan pelembagaan Pengarusutamaan Gender di setiap Desa serta Penetapan Startegi Pengintegrasian Gender melalui Perencanaan, Penyusunan , Pelaksanaan, Penganggaran, Pemantauan, dan evaluasi atas Kebijakan Program dan Kegiatan Desa. Peserta Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tingkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 ini berjumlah 37 Orang yang berasal dari Perangkat Desa dari Tiga Kecamatan Kabupaten Indragiri Hulu.

WhatsApp Image 2021 06 24 at 11.40.46 AM

WhatsApp Image 2021 06 24 at 9.47.37 PMPelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tingkat Desa di Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021 telah terlaksana dengan baik. Gender adalah konsep yang mengacu pada perbedaan peran dan tanggung jawab laki-laki dan perempuan yang terjadi akibat dari dan dapat berubah oleh keadaan sosial dan budaya masyarakat, sedangkan Responsif Gender adalah keadaan yang memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis terhadap perbedaan - perbedaan antara laki-laki dan Perempuan dalam masyarakat yang diwujudkan yang terjadi karena perbedaan -perbedaan tersebut. jadi Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender yang selanjutnya disingkat dengan PPRG adalah Instrumen untuk mengatasi adanya perbedaan atau kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan menfaat pembangunan bagi perempuan dan laki-laki dengan tujuan untuk mewujudkan anggaran yang lebih berkeadilan. Pemerintah Daerah baik itu Kepala Daerah dan Perangkat Daerah lainya adalah sebagai unsur penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. WhatsApp Image 2021 06 25 at 11.40.39 AMuntuk itu kami berharap dengan telah terbentuknya Pokja PUG di Kabupaten Indragiri Hulu dan Focal Point di masing-masing OPD untuk dapat bekerja sama dalam Mengimpelmentasi PPRG disetiap OPD yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu, selain itu juga dapat mengsinkronkan perencanaan Pusat dan Daerah sehingga hasil pembangunan dapat di rasakan secara merata. salah satu masalah yang sering dihadapi dalam pelaksanaan PUG adalah pengambilan keputusan tidak menyadari bahwa keputusan/ kebijakan yang di ambil dan /atau Proses pengambilan keputusan/kebijakan seringkali bersipat netral gender, yaitu hanya memperhatikan  dari sudut pandang tugas dan fungsi dari instansi tersebut atau perioritas nasional semata. tanpa melihat adanya kelompok yang terlibat dan pengguna manfaat ( kelompok sasaran yang berbeda. oleh sebab itu diperlukan upaya untuk memperkecil kesenjangan partisipasi dan pemanfaatan hasil pembangunan antara perempuan dan laki-laki yaitu dengan melaksanakan perencanaan yang responsif gender. Dengan terlaksananya Kegiatan ini. tidak terlepas dari kerja sama Ibu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu, Plt. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Permpuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu, Para Kabid, Kasi, Staf dan Tenaga Honorer DPPPA Kab. Inhu serta camat Pasir Penyu, Sei Lala, Lirik, Bapak dan Ibu Narasumber dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Narasumber dari provinsi Riau turut berpatisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ini. 

Subcategories

Page 1 of 2

Link Terkait

Agenda

Statistik Pengunjung

886633
Hari ni
Kemarin
Minggu ni
Minggu lalu
Bulan ni
Bulan lalu
Total
858
1006
3957
876162
31838
18287
886633

Your IP: 3.145.178.157
2024-04-30 16:27
© 2017 DPPPA. All Rights Reserved.